Genjot Pendapatan Pajak melalui Program Pick Up Service

logo Kota Metro

METRO Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Metro menggagas program Pick Up Service Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2024 sekaligus sosialisasi kanal pembayaran non tunai. Hal tersebut sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dan BPPRD untuk percepatan meningkatkan penerimaan pajak, khususnya realisasi PBB-P2 tahun 2024. 

Kepala BPPRD Kota Metro, Syachri Ramadhan mengatakan, program pick up servis tersebut merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan Bank Lampung dan perangkat kecamatan sebagai langkah percepatan realisasi PBB-P2 di Bumi Sai Wawai tahun 2024.

Program tersebut dilakukan dengan cara jemput bola langsung ke masyarakat dan sasarana walnya adalah ASN yang bertugas di kecamatan yang dituju. "Ini adalah satu momentum yang kita lakukan dalam upaya meningkatankan PBB-P2 di Kota Metro ini," ujarnya.

Fokus dari program pick up service tersebut adalah kecamatan dan BPPRD Kota Metro untuk merangsang warga atau wajib pajak supaya aktif dan taat untuk membayar pajak. Selain itu, pihaknya juga turut mengaktifkan petugas PBB yang ada dimasing-masing kelurahan. 

"Kita juga bakal menertibkan administrasi database pada wajib pajak PBBnya. Sehingga nanti kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk makin meningkatkan salah satu sumber pelaksanaan pembangunan daerah melaluipendapatan asli daerah, khususnya sektor PBB P2," tandasnya.

Ia menuturkan,Pemkot Metro juga akan memberikan apresiasi dan stimulus bagi wajib pajak, gunamendorong kesadaran dan keikhlasan warga untuk berpartisipasi dalam pembangunanmelalui ketaatan dalam pembayaran pajak tersebut.

"Ya khususnya itu Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaanini," imbuhnya.

Sekretaris BPPRD Kota Metro Mirza Marta Hidayat juga menambahkan, Program pickup service PBB tersebut dilaksanakan secara bergilir di tiap-tiap kecamatan. Dimulai di Kecamatan Metro Pusat pada 27 Mei, Kecamatan Metro Utara tanggal 29 Mei lalu, serta Kecamatan Metro Barat pada 30 Mei 2024.

Kemudian dilanjutkan pada 3 Juni di Kecamatan Metro Selatan, dan KecamatanMetro Timur di tanggal 4 Juni 2024.