High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Kebumen

logo Kabupaten Kebumen

Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, SH membuka secara resmi pelaksanaan High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Kebumen Tahun 2022 yang digelar di Ruang Rapat Arungbinang Komplek Pendopo Kabumian Kebumen, Rabu (28/12). Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Divisi Implementasi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Wakil Pimpinan Cabang Bank Jateng dan seluruh anggota TP2DD Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, SH dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah melalui TP2DD memiliki peran yang sangat strategis. Selain optimalisasi peran TP2DD, Dokumen Peta Jalan/Roadmap ETPD yang telah disusun dan diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen masih perlu diterjemahkan dalam bentuk aksi-aksi nyata sehingga Penerimaan Asli Daerah khususnya pajak dan retribusi daerah dapat optimal.
Sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam Tata Kelola Pemerintahan baik di Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk memberikan pelayanan publik yang prima. Percepatan pencapaian dari SPBE tersebut diharapkan dapat didukung oleh keberadaan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).
Pemerintah Kabupaten Kebumen secara bertahap telah meluncurkan sejumlah aplikasi diantaranya SiPBB untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, E-BPHTB, E-Localtax, dan Sikopat sebagai billing center pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah. Oleh karena itu, Bupati meminta setiap OPD wajib mendukung dengan cara memasukan kegiatan penunjang ETPD di setiap Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) masing-masing OPD agar kegiatannya benar-benar terlaksana.
Mengakhiri sambutannya, Beliau menyampaikan Setiap OPD untuk menyusun strategi guna meningkatkan ETPD di Daerah dengan lebih membuka peluang kerjasama dengan berbagai bank, LSM dan tokoh masyarakat, dan memposisikan mereka sebagai garda terdepan untuk membantu setiap kerja OPD dalam hal peningkatan ETPD, sehingga Penerimaan Asli Daerah khususnya pajak dan retribusi daerah dapat optimal.