SOSIALISASI ETPD KEPADA BENDAHARA PENERIMAAN DILINGKUNGAN PEMKAB. BULUNGAN

logo Kabupaten Bulungan

Dalam rangka mendorong optimalisasi Penerimaan Pendapatan Daerah di Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bulungan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pendapatan Daerah yang diikuti oleh seluruh Bendahara Penerimaan dan Operator atau Petugas yang membidangi Pajak dan Retribusi yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 12, 13, dan 14 Desember 2023 di Ruang Rapat Badan Pendapatan Daerah Kab. Bulungan, Jln. Kolonel Soetadji Tanjung Selor.

Salah satu sesi dalam bimtek tersebut memuat materi tentang Elektronifikasi Transaksi Pendapatan Daerah (ETPD) yang disampaikan langsung oleh narasumber dari TP2DD Kabupaten Bulungan. Materi yang disampaikan kepada seluruh Bendahara Penerimaan di lingkungan Pemkab. Bulungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam terkait definisi, latar belakang, pencapaian ETPD Kabupaten Bulungan serta manfaat yang dapat diperoleh dalam penerapan pembayaran secara nontunai pada pajak dan retribusi.

Disampaikan pula kepada peserta bimtek, salah satu penilaian indeks ETPD adalah Aspek Implementasi yang didefinisikan sebagai kemampuan Pemda dalam menyediakan layanan elektronifikasi transaksi Pemda melalui berbagai kanal pembayaran. Semakin banyak kanal pembayaran non tunai pada pendapatan (pajak dan retribusi daerah) dan belanja daerah yang disediakan, semakin tinggi nilai Indeks ETPD Pemda tersebut.

Dengan demikian, Pemkab. Bulungan melalui OPD Pengelola Pajak dan Retribusi didorong untuk lebih banyak menyediakan alternatif kanal pembayaran non tunai di daerah, baik pada transaksi pendapatan (pajak dan retribusi daerah) maupun pada transaksi belanja daerah.