Semarak QRIS di Buleleng Dorong Masyarakat Manfaatkan Digitalisasi

logo Kabupaten Buleleng

Bank Indonesia Provinsi Bali dan Pemkab Buleleng meluncurkan program semarak QRIS dan aplikasi Pan-G Denbukit. Event itu untuk mendorong minat masyarakat dalam bertransaksi nontunai QRIS.

Program yang diinisiasi bersama oleh Bank Indonesia, Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Bank BPD Bali ini merupakan pertama kali diadakan di Indonesia.

“Aplikasi Pan-G Denbukit menjadi wujud nyata komitmen Pemkab Buleleng untuk menciptakan tata kelola pemerintahan daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih melalui pemanfaatan digital,” kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradyana di Buleleng, Rabu, 30 Maret 2022.

Aplikasi Pan-G Denbukit merupakan inovasi layanan pajak terintegrasi. Masyarakat Buleleng dapat memanfaatkan layanan pajak daerah dari mulai laporan, pembayaran, hingga pengaduan. Semua dilakukan secara online dan digital hanya melalui handphone.

Dengan memanfaatkan event itu, masyarakat Buleleng punya kesempatan mendapatkan hadiah hanya dengan bertransaksi dengan QRIS di tiga area di wilayah Kabupaten Buleleng selama periode sebulan, 30 Maret-30 April 2022.

Tiga area itu berlokasi di pasar rakyat Banyuasri, pembelian tiket masuk di DTW Danau Buyan, dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di seluruh loket yang tersedia.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho berharap upaya digitalisasi itu mendorong peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buleleng.

“Goals nya adalah kabupaten Buleleng jadi Championship Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) level kabupaten yang diselenggarakan oleh Satuan Tugas P2DD di level pusat pada tahun 2022,” kata Trisno Nugroho. (Way) sumber http://koranjuri.com/