Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Menggunakan IBB

logo Kabupaten Banjar

Kegiatan Gathering Bersama Bank Kalsel, DPMD dan Aparat DesaSe-Kabupaten Banjar Tentang Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa DalamMenggunakan IBB (Internet Banking Business) merupakan kegiatan sosialisasi atas pengelolaan keuangan dan aset desa menggunakan IBB yang telah dilaksanakn di Ballroom Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru pada hari Rabu, tanggal 9 Maret 2022 yang lalu.

Maksud dilaksanakannya kegiatan adalah  guna memberikan alternatif kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan secara non tunai serta tujuannya mempermudah dalam pengelolaan keuangan baik dalam transaksi maupun pelaporan sehingga lebih transparan.

Informasi sekilas terkait kegiatan tersebut bahwa sebelum  IBB ada SKPD di Kabupaten Banjar telah menggunakan cash management system atau CMS dalam setiap transaksi belanja dan keuangan pada umumnya secara non tunai sesuai dengan instruksi Bupati Banjar tahun 2019.

Dikarenakan masih belum maksimalnya penggunaan CMS di pemerintah Kabupaten Banjar dan terdapat masih adanya kesulitan dalam implementasinya maka Bank Kalsel melakukan pengembangan CMS menjadi IBB dengan harapan lebih melengkapi fitur dari CMS serta memudahkan dalampengelolaan keuangan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan khusus untuk para aparat desa se Kabupaten Banjar agar seluruh transaksi keuangan bisa dilakukan secara nontunai sehingga mempermudah dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan transaksi keuangan khususnya Dana Desa sehingga laporan keuangan bisa tersampaikan dengan baik dan transparan. 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Banjar sekaligus membuka kegiatan acara gathering. Adapun para peserta yang hadir berasal dari kepala DPMD beserta jajarannya,  pembakal Desa se-Kabupaten Banjar serta Kaur Desa se-Kabupaten Banjar dengan total jumlah peserta sebanyak 590 orang dari 600 undangan.