Sebentar lagi masyarakat Kota Metro bisa membayar Pajak Daerah melalui e-channel BCA

logo Kota Metro

Sebagai bagian dari entitas nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen untuk terus mendukung perekonomian nasional dan menghadirkan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jaringan BCA yang tersebar di seluruh tanah air mendorong BCA untuk senantiasa membangun ekosistem pembayaran yang mudah bagi banyak pihak. Terbaru, BCA menghadirkan kerja sama dalam solusi pembayaran Pajak Daerah di Kota Metro dalam bentuk Obyek Pajak PBB-P2 dan Pajak Daerah Lainnya (PHR) melalui e-Channel BCA.  

Kehadiran kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan MOU dan PKS antara Pemerintah Kota Metro dan BCA dalam Penerimaan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) serta Pajak Daerah Lainnya pada High Level Meeting (HLM) TP2DD Kota Metro yang akan digelar di Ballroom Grande Aidia Hotel Senin, 6 November 2023 mendatang.

“BCA sebagai institusi perbankan berkomitmen menghadirkan inovasi terdepan untuk sistem pembayaran yang kian terdigitalisasi. Salah satunya pembayaran PBB-P2 serta Pajak Daerah Lainnya (PHR) di Kota Metro, dan kerjasama ini adalah yang pertama di SUMBAGSEL antara BCA dengan Pemerintah dan masyarakat akan dapat melakukan pembayaran pajaknya melalui e-channel pembayaran BCA. Tentunya BCA senang dapat berkolaborasi dan bergandengan tangan dalam bersama-sama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Erdiyan. 

Bentuk kerjasama ini meliputi perluasan penerimaan pembayaran pajak daerah melalui layanan sistem perbankan terintergrasi yaitu melalui BCA. Latar belakang kerjasama ini juga didasari oleh kebutuhan dan kemudahan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak daerah. Adapun kerja sama akan mencakup penerimaan pembayaran via e-channel BCA untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) serta Pajak Daerah Lainnya di e-channel BCA yaitu ATM BCA, m-BCA, Klik BCA Bisnis. Implementasi untuk pembayaran Obyek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) rencananya akan mulai diimplementasikan setelah penandatangan MOU dan PKS di HLM TP2DD tersebut. 

Kepala BPPRD Kota Metro mengatakan, kerja sama Bank Pemerintah Kota Metro dengan BCA kali ini adalah bagian dari Rencana Aksi TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah), dimana BPPRD sebagai pengelola Pajak daerah Bank dapat memberikan kemudahan dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah terutama Pajak Daerah. Kolaborasi ini diharapkan dapat terbangun Ecosistem Cashless Society Kota Metro, yang mana hal ini merupakan untuk pertama kalinya memperluas channel pembayaran dilakukan dengan Bank Umum Nasional dan untuk pertama kalinya juga di SUMBAGSEL BCA bekerjasama dengan pemerintah.

“Semakin mudah dan nyaman metode pembayaran pajak yang dihadirkan, diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk taat membayar pajak. Semoga kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan membuka pintu kerja sama di bidang lainnya,” tutup Syachri Ramadhan