CAPACITY BUILDING TP2DD KABUPATEN KAMPAR BAHAS PERCEPATAN DAN PERLUASAN DIGITALISASI DAERAH

logo Kabupaten Kampar

Pekanbaru -Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Kamparmenggelar High Level Meeting (HLM) di Ballroom Dang Merdu, Menara Bank Riau Kepri Syariah Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru.
, Selasa(5/12/2023). HLM ini bertujuan untuk memantapkan implementasi ElektronifikasiTransaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan mengikuti arahan kebijakan PresidenRepublik Indonesia yang disampaikan saat Rapat Koordinasi Nasional PercepatanPerluasan Digitalisasi Daerah Tahun 2023.

HLM ini jugadihadiri oleh PJ. Bupati Kampar, Muhammad Firdaus yang diwakili oleh Pj. SekdaKampar Hambali. Dalam sambutannya, Hambali menyebutkan peran penting teknologidalam percepatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kampar.Ia juga mengapresiasi kerjasama antara TP2DD Kabupaten Kampar dengan Bank RiauKepri dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau dalam mendukungdigitalisasi daerah.

“Kami berharapdengan adanya HLM ini, kita dapat bersama-sama menyelaraskan langkah dan strategidalam mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, khususnya dalamhal ETPD yang dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensipengelolaan keuangan daerah,” ujar Hambali.

Padakesempatan tersebut, dilakukan juga Capacity Building bersama Bank Riau Kepridan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau yang dihadiri oleh Yaniselaku Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengawasan PUR,sedangkan perwakilan dari Bank Riau, Imran selaku Pemimpin Divisi Dana danDigital Banking. Acara ini dimoderatori oleh Nova Linzai dari Bank Indonesia.

Dalam sesiCapacity Building, narasumber membahas tindak lanjut dan arahan kebijakanrakornas yang menjadi komitmen dan perhatian TP2DD Kabupaten Kampar kedepannya, di antaranya adalah:

·        Perlunya penguatan regulasi daerah untuk mendukung implementasi percepatandan perluasan digitalisasi daerah, antara lain Perda Pajak Daerah dan RetribusiDaerah (PDRD) serta Perkada Kartu Kredit Pemerintah Daerah.

·        TP2DD dan anggota Satgas P2DD agar terus mendorong inovasi digital sebagaibagian kebijakan optimalisasi PDRD dan peningkatan tata kelola belanja daerah.

·        Penguatan infrastruktur dalam rangka perluasan jaringan Teknologi Informasidan Komunikasi (TIK) dengan mendorong inisiatif dan penyediaan infrastrukturTIK di daerah melalui APBD.

·        Penguatan sistem informasi pengelolaan keuangan dan transaksi pemda.Harmonisasi pusat dan daerah perlu melalui P2DD perlu diperkuat untuk mengawaldesain, penguatan, piloting dan implementasi Sistem Informasi PembangunanDaerah (SIPD) yang baru.

Selain itu,dalam acara tersebut juga Bapenda Kampar memberikan hadiah padaInstansi/Organisasi Perangkat Daerah dengan nominal penerimaan QRIS terbanyak,yaitu:

1.    DinasPerdagangan Koperasi dan UMK

2.    DPMPTSP

3.    Dinas PemadamKebakaran dan Penyelamatan Kab. Kampar

Kemudian,dalam upaya percepatan penerimaan Pajak Daerah secara digital khususnya melaluiQRIS, Bapenda Kampar mengusung Bapenda Qris Award, dengan peserta merupakanPegawai Bapenda Kampar, dan pemenang diberikan apresiasi langsung oleh Pj.Sekda Kampar.

HLM TP2DD Kabupaten Kampar ini merupakan salah satubentuk dukungan Bank Indonesia terhadap upaya pemerintah dalam mempercepat danmemperluas digitalisasi daerah, sebagaimana diatur dalam Keputusan PresidenNomor 3 Tahun 2021 tentang Pembentukan Satuan Tugas Percepatan dan PerluasanDigitalisasi DaerahBank Indonesia berperan sebagai anggota Satgas P2DDdan juga membantu pembentukan TP2DD di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota