Pemkab Mojokerto Launching Inovasi “Semar dan Gareng ”

logo Kabupaten Mojokerto

Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bekerjasama dengan Bank Jatim, melaunching inovasi bertajuk Punokawan Milenial Era Digital. Yang diresmikan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, diPasar Tradisional Kedungmaling, Sooko. 

Direktur resiko bisnis Bank Jatim Rysyana Mirda menjelaskan,inovasi tersebut mengusung basis digital, antara lain “Sistem Elektronik Membayar Retribusi Pasar (Semar)”melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS sendiri adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Ada juga inovasi “Penggunaan Retribusi Elektronik Tera/Tera Ulangatau E-Retribusi Tera/Tera Ulang (Gareng)” yang menggunakan virtual account(VA).

Bupati Ikfina turut menyebut bahwa perluasan digitalisasi daerah, dimaksudkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih,efektif, transparan, akuntabel dan memberi pelayanan berkualitas.

“Digitalisasi mau tidak mau harus kita laksanakan dalam semua aspek tatanan bidang. Mulai pemerintahan, perekonomian dll. Tidak perlu khawatir tidak bisa mengikuti era digital, karena tentu nanti kita akan menyesuaikan. Digitalisasi sangat penting untuk efisiensi, akuntabel dan transparan. Saya harap inovasi digital ini dapat menjadi fasilitas terlaksananya transaksi non tunai,” terang bupati.(min)